BATIK CAP

BATIK CAP
oleh : Tindels


              Pengertian Batik Cap Batik Cap yaitu satu diantara tipe hasil sistem produksi batik yang memakai canting cap. Canting cap yang disebut disini serupa seperti stempel, cuma bahannya terbuat dari tembaga serta dimensinya semakin besar, rata-rata memiliki ukuran 20cm X 20cm.  

 Langkah dan Cara Pembuatan Batik Cap  
              Kain mori ditempatkan diatas meja datar yang sudah dilapis dengan bahan yang empuk 
Malam di rebus sampai mencair serta dijaga supaya suhu cairan malam ini terus dalam kondiri 60° s/d 70° Celcius  Canting Cap lalu dimasukkan kedalam cairan malam tadi (lebih kurang 2 cm sisi bawah canting cap yang tercelup cairan malam)  Canting Cap lalu di-cap-kan (di-stempel-kan) dengan desakan yang cukup diatas kain mori yang sudah disediakan tadi .

 Cairan malam bakal meresap ke dalam pori-pori kain mori sampai tembus ke segi lain permukaan kain mori  Sesudah sistem pengecapan pada kain usai dengan beragam gabungan canting cap yang dipakai, setelah itu kain mori bakal dikerjakan sistem pewarnaan, lewat cara mencelupkan kain mori ini ke dalam tangki yang diisi warna yang telah diambil.  

Kain mori yang permukaannya sudah diresapi oleh cairan malam, tak lagi terkena dalam sistem pewarnaan ini.  Sesudah sistem pewarnaan, sistem selanjutnya yaitu penghapusan berkas motif cairan malam lewat sistem merebus kain.  

Hingga bakal terlihat 2 warna, yakni warna basic asli kain mori yang tadi tertutup malam, serta warna sesudah sistem pewarnaan tadi.  

Bila bakal diberikan gabungan pewarnaan lagi, maka mesti diawali lagi dari sistem pengecapan kain hingga sistem perebusan kain.  

Hal yang menarik dari batik cap yaitu pada sistem perkawinan warna, lantaran permukaan kain mori yang sudah diwarna pada mulanya bakal diwarna lagi pada sistem pewarnaan selanjutnya, hingga butuh ketrampilan spesial dalam sistem penentuan & perkawinan warna.  

Oleh lantaran sistem pewarnaan yang berkali-kali serta menyeluruh pada tiap-tiap pori-pori kain mori, maka warna pada batik cap condong lebih awet serta tahan lama dibanding dengan batik yang lain. 

 Sistem paling akhir dari pembuatan batik cap yaitu sistem pembersihan serta pencerahan warna dengan soda. Setelah itu dikeringkan serta disetrika.  

 Ciri- ciri Batik Cap  Batik cap memiliki bagian motif yang sama antara satu dan lainnya dan tertata rapi. 


  Demikian artikel saya yangberjudul Pengertian Batik Cap semoga bermanfaat. 


Sumber : Modul LKP FENYKE 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI MALAM

ALAT JAHIT DAN FUNGSINYA

ETIKA DAN ESTETIKA BERBUSANA