PEWARNA ALAM UNTUK BATIK




PEWARNA ALAM
OLEH : TINDELS

             Pewarna alam diperoleh dengan cara  tradisional yaitu perebusan dari tanaman yang terdapat di lingkungan sekitar.Bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai zat pewarna yaitu : kulit buah,kulit kayu,ranting,daun,akar ,bunga dan getahnya.
Kelemahan zat warna alam (ZWA) adalah memakan waktu yang lama dalam pengerjaan shg memerluan kesabaran dalam pengerjaannya.Untuk mencapai warna batik yang dikehendaki pencelupan harus dilakukan berulang-ulang(pada suhu kamar) tiap 8-10 kali pencelupan selama kira-kira 1 minggu.
            Zat Warna Alam adalah ; zat warna yang diperoleh dari alam/tumbuh-tumbuhan baik secara langsung maupun tidak langsung.Potensi sumber warna alam ditentukan oleh intensitas warna yang dihasilkan yang sangat bergantung pada jenis colouring matter yang ada.
            Colouring matter adalah : substansi yang menentukan arah warna zat warna alam ,yang merupakan senyawa organic yg terkandung dalam sumber zat warna alam.Dalam 1 jenis tanamandapat terkandung lebih dari 1 jenis colouring matter yang bervaariasi.
           Berdasarkan jenis colouring matter ,Zat warna alam dibagi menjadi 4 golongan yaitu:
1.Zat Warna Mordan ( Alam ) : zat warna yang sifatnya dapat menempel dengan baik dengan proses  pewarnaan melalui penggabungan  dengan oksida logam berbentuk zat warna tidak larut. Misalnya yang berasal dari kulit akar pace ( morindin).
2.Zat Warna Direk :zat warna yg melekat di serat berdasarkan ikatan hidrogen shg ketahanannya rendah.misalnya dari kunyit ( Curcumin).
3.Zat Warna Asam :zat warna yg mempunyai gugus kombinasi asam dan basa,tepat untuk diterapkan pada pewarnaan sutera dan wol.tapi tidak memberikan warna permanen pada katun.
4.Zat Warna Bejana: mewarnai serat dengan proses reduksi – oksidasi ( redoks ).Dikenal sbg warna paling tua didunia,dg ketahanan yg paling unggul dibanding ke 3 jenis zat warna alam lainnya.misalnya yang berasal dari dau Tom ( Indigo ).


SUMBER : Panduan Modul LKP FENYKE

_________________semoga bermanfaat_________________



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI MALAM

ALAT JAHIT DAN FUNGSINYA

ETIKA DAN ESTETIKA BERBUSANA